Jumat, 22 Mei 2009

Mengembalikan Jati Diri Bangsa

Artikel ini ditulis untuk mengikuti kontes bertajuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa yang diadakan oleh Beritajitu.com mohon dukungannya!!!
Mengembalikan Jati Diri Bangsa, sebuah kalimat sederhana yang dapat menyelamatkan sesuatu yang kompleks di negara kita. Jati Diri Bangsa merupakan komponen yang sangat penting dalam suatu Bangsa itu sendiri. Tanpa Jati Diri, Bangsa sehebat apapun tak akan lama lagi akan kehilangan "kehebatannya" itu. Tanda petik pada kata "kehebatan" mengartikan bahwa kehebatan itu hanya berupa kehebatan semu. Kehebatan suatu bangsa dapat menjadi nyata dengan cara Mengembalikan Jati Diri Bangsa itu sendiri.
Bangsa Indonesia, Bangsa yang "hebat". "hebat"? ya. Bisa dibilang Jati Diri Bangsa Indonesia belakangan ini mulai luntur. Banyak budaya Indonesia yang diklaim oleh negara lain. Misalnya, kesenian reog dari ponorogo yang jelas-jelas budaya Indonesia diklaim oleh Malaysia. Lagu "Rasa Sayang" juga dijadikan jingle dalam iklan semacam "visit indonesia"-nya Malaysia. Itu hanya sedikit bentuk "pencurian" Jati Diri Bangsa Indonesia.
Jika kita kehilangan Jati Diri Bangsa kita, kita tidak perlu "mencuri" Jati Diri Bangsa lain. Kita bisa melakukan sesuatu yang baru untuk mengembalikan Jati Diri Bangsa Indonesia. Misalnya dalam bidang Astronomi. Belakangan ini Indonesia berhasil meluncurkan roket buatan dalam negeri. Rencananya jika tidak keliru pada tahun 2011 Indonesia akan meluncurkan satelit sendiri. Kelihatannya itu hal biasa, namun siapa tahu di tahun 2020-an Bangsa kita berhasil mendaratkan manusia di Mars. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.
Kembalikan Jati Diri Bangsa untuk Indonesia Tanah Air kita!

0 komentar:

Posting Komentar